Karu Prakerja Terima Pembuatan Akun Lagi

Setelah sekian lama dinon aktifkan, akhirnya di laman www.prakerja.go.id masyarakat Indonesia bisa kembali membuat akun. Manajemen Pelaksana atau PMO, Louisa Tuhatu mengatakan bahwa pembuatan akun ini diperuntukkan untuk mereka yang berminat mengikuti program Kartu Prakerja 2021. Dengan mudahnya mengakses laman ini diharapkan akan banyak orang yang terbantu dengan program pemerintah yang resmi dan terkontrol. Khususnya bagi mereka yang belum dinyatakan lulus pada program pelaksanaan kartu prakerja di tahun lalu.

Gelombang 12 Kartu Prakerja Belum Dibuka

Meskipun proses pendaftaran program kartu prakerja sudah bisa dibuat, tetapi pelaksanaan gelombang ke 12 belum dibuka. Bagi peserta yang belum lolos tapi sudah memiliki akun bisa melakukan pembaharuan di dalam akunnya jika ada data link slot deposit pulsa tanpa potongan yang harus diubah. Adapun pembukaan secara resmi kapan program kartu prakerja itu bisa dibuka, maka tanggalnya akan diumumkan di waktu berikutnya. Untuk sementara, yang bisa dilakukan di lama prakerja hanya membuat akun baru atau menyunting akun yang sudah ada.

Belum dibukanya gelombang ke 12 dikarenakan menunggu keputusan dari Komite Cipta Kerja (KCK). Louisa menambahkan, jika keputusan itu sudah ada maka dengan segera pengumuman akan diberikan kepada seluruh masyarakat di lama prakerja. Tidak semua mendapatkan kesempatan memiliki bantuan pemerintah jenis ini, oleh karena itu bantuan hanya diberikan kepada orang orang yang memenuhi syarat. Adapun syarat syaratnya bisa dibaca dan dipelajari di dalam lama, klik saja cara daftar maka akan diberikan tutorial bagaimana cara mendaftar dan memiliki akun.

Cara Mendaftar Program Karu Prakerja

Untuk bisa mendaftarkan diri di dalam program kartu prakerja, calon peserta harus memenuhi syarat yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Diantara syarat yang harus dipenuhi adalah calon peserta harus warga negara Indonesia, memiliki usia minimal 18 tahun, dan sedang tidak menempuh pendidikan formal baik sekolah, kuliah dan sejenisnya. Jika sudah memenuhi syarat maka bisa langsung melakukan pendaftaran diri di lama nyang sudah disediakan. Target program ini adalah pencari kerja, buruh yang terkena PHK, buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, dan pelaku UMKM.

Beberapa pejabat yang tidak diperkenankan mengikuti program ini diantaranya  anggota DPR, pejabat negara, ASN, TNI/Polri, dan perangkat desa serta direksi dan komisaris. Bagi yang sudah berada di dalam laman prakerja, silakan melaukan pendaftaran dengan memverifikasi KTP terlebih dahulu. isi NIK dan nomor KK serta tanggal lahir. Setelah itu klik tombol selanjutnya. Jika lolos verifikasi NIK maka calon peserta akan dminta untuk melengkapi data yang lain termasuk mengunggah foto KTP, dan memverifikasi nomor handphone yang digunakan.

Akan ada kode OTP yang dikirimkan melalui handphone, bersiap saja dan pastikan handphone dalam keadaan menyala supaya cepat proses verifikasi tersebut. Setelah berhasil, isi sejumlah pernyataan yang disediakan dan ikuti tes motivasi dan kemampuan dasar. Ini akan memberikan gambaran mengenai kompetensi dan potensi yang dimiliki oleh calon peserta program kartu prakerja. Pihak PMO nantinya akan melakukan evaluasi dan calon peserta pun hanya tinggal mengikuti seleksi gelombang sesuai dengan tempat tinggal atau domisili.

Setelah hal itu berhasil maka peserta akan mendapatkan pengumuman dan notifikasi apakah dirinya dinyatakan diterima atau tidak. Jika diterima maka silakan memilih jenis pelatihan yang merupakan mitra dari program kartu prakerja. Diantaranya adalah Toko[edia, Kementrian Ketenagakerjaan, Mau Belajar Apa, Bukalapak, Pintaria, Sekolahmu, dan Pijar. Sertifikat elektronik pun akan diberikan dan insetif akan diterima ketika pelatihan sudah diselesaikan yaitu sebesar Rp 600.000 per bulan selama empat bulan. Insentif diberikan secara non tunai melalui rekening bank.